Jakarta, KompasOtomotif - Datangnya Honda All-New Jazz dan kembali memanasnya atmosfer rivalitas dengan Toyota All-New Yaris, ditanggapi positif oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Secara umum Toyota tidak gentar dan masih sangat optimistis dengan hatchbackandalannya tersebut untuk merebut hati konsumen.
Sempat tertinggal karena tidak ada pasokan dan lama tak memunculkan model baru sejak 2007, Yaris baru cukup kembali melambungan asa TAM. Persaingan Yaris dengan Jazz pun kini semakin nyata, karena sama-sama mengusung desain baru yang jauh lebih atraktif dengan segala kelebihan masing-masing.
Direktur Pemasaran TAM Rahmat Samulo mengatakan bahwa hadirnya Jazz baru akan membawa dampak positif. "Untuk konsumen ada pilihan. Tapi untuk kami, Yaris sudah punya segmen yang jelas. Target 2.000 unit per bulan masih sama, bahkan bulan lalu melampaui target," jelas Rahmat Samulo, usai meresmikan program mudik Tenang Bersama Toyota, di Jakarta, (27/6/2014).
Samulo sangat yakin, Yaris baru yang dirilis April 2014 lalu sangat berbeda dengan Yaris sebelumnya, dan punya kelebihan cukup banyak dibandingkan kompetitor. Secara model dikatakanstylish dengan menawarkan kelegaan ruang penumpang maupun barang.
Secara performa mesin, meski masih sama dengan model lama, sudah mengalami penyempurnaan yang cukup jauh. "Kalau dikaitkan dengan persaingan, saya rasa kami punya penawaran lain untuk konsumen, seperti jaringan yang luas dan kemudahan untuk membelinya," tegas Samulo.
Disinggung soal diskon, Samulo menyatakan tak pernah ada strategi seperti itu dan TAM tidak pernah mengarahkan. Andai terjadi pun, dikatakan bahwa itulah mekanisme persaingan di lapangan. Dengan produk yang jauh lebih agresif, TAM berharap Yaris menjadi pilihan utama konsumen hatchback.
Lihat juga postingan lainnya:
- Aksi Balapan F1 Bakal Dilarang Tayang di Youtube