Sabtu, 30 Agustus 2014

BMW: Pasar Otomotif Global akan Tumbuh Tahun Ini

// // Leave a Comment

Frankfurt, KompasOtomotif - Grup BMW memprediksi kalau pasar otomotif global akan meningkat pada 2014, seiring dengan target penjualan yang ditetapkannya. Permintaan pasar akan didorong oleh kawasan Amerika Utara, China, dan perbaikan kondisi di Eropa.

"Tahun ini dianggap sebagai masa kesempatan tumbuh bagi industri otomotif global," sebut BMW, dalam rapat umum tahunan perusahaan di Frankfurt, Jerman, (15/5/2014). Chief Executive OfficerBMW, Norbert Reithofer, mengatakan, potensi pertumbuhan tetap ada meski masih ada kerentanan. "Semua menjadi lebih kompleks dan lebih global," jelas Reithofer, dilansir Bloomberg(15/5/2014).

Grup BMW, termasuk MINI dan Rolls-Royce, pada 2014 menargetkan penjualan global tembus 2 juta unit. Target yang dua tahun lebih cepat dari prediksi sebelumnya. BMW berusaha terus mendorong penjualan untuk tetap memimpin pasar mobil premium dari rivalnya, Audi dan Mercedes-Benz.

Investasi
Investasi untuk mengembangkan model baru yang bisa menarik lebih banyak minat pembeli, membuat pendapatan perusahaan turun 9,5 persen periode kuartal pertama tahun ini, dari periode sebelumnya 9,9 persen. Persaingan dari dua rival merek premium juga semakin ketat, apalagi Mercedes-Benz sudah menargetkan akan kembali memimpin penjualan mobil premium pada 2020.

Di segmen sedan mewah, Mercedes-Benz S-Class sudah berhasil menggeser BMW Seri-7, dalam persaingan penjualan periode empat bulan pertama 2014. S-Class berhasil terjual 61.750 unit, naik 12 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya. Mercedes-Benz juga berniat melepas 30 model baru dan facelift sampai 2020 untuk mengalahkan BMW.

Audi juga tidak tinggal diam, memastikan akan melepas 17 model baru atau facelift tahun ini, termasuk penyegaran mobil sportnya, TT. Perbedaan penjualan Audi dengan BMW hanya terpaut 7.200 unit periode Januari-April 2014, lebih dekat jaraknya dibanding tahun lalu sampai 9.000 unit.

Bertahan
BMW juga tentu ingin mempertahankan diri sebagai pemimpin pasar mobil premium. Pabrikan yang berbasis di Munich ini, sudah melepas model baru Seri-4 kupe, X4, dan Seri-2 Active Tourer, dan i8 mobil sport hibrida "plug in". 

Reithofer mengatakan, 16 model baru dan facelift yang diluncurkan ke pasar berhasil mendongkrak penjualan. "Investasi mengamankan masa depan kami. Keberhasilan ekonomi, inovasi, dan kekuatan keuangan akan memberikan kita kekuatan yang kita butuhkan untuk melakukan investasi itu," tukas Reithofer.

0 komentar:

Posting Komentar